Rekomendasi 4 Camilan Sehat Jadi Teman Saat WFH

SHARE

Jakarta - 

Menjalani kegiatan bekerja dari rumah (work from home) merupakan salah satu cara menghindari dan memutus sebaran pandemi virus Corona yang sampai saat ini masih berlanjut. Namun tetap harus menjaga pola makan agar tubuh benar-benar dapat melawan berbagai macam virus.

Bagi yang ingin mengonsumsi snack atau camilan pada saat WFH, perlu diperhatikan kandungan gizinya. Selama WFH, Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita tidak menganjurkan untuk terus-menerus mengonsumsi makanan berkalori dan berlemak tinggi yang justru akan semakin tertimbun di dalam tubuh Anda.

"Oleh karena itu untuk mengantisipasi sensasi ingin mengunyah dan membantu mempertahankan rasa kenyang, pastinya harus konsumsi makanan cukup gizi," ujar dr Adeline kepada detikHealth, Kamis (24/4/2020).

Nah dilansir dari Cyclingweekly, ada beberapa snack atau camilan sehat yang dapat dikonsumsi, termasuk untuk menemani kegiatan WFH, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Yoghurt

Yoghurt telah melonjak popularitasnya pada beberapa tahun terakhir karena protein tinggi dan kadar gula darah yang rendah. Bakteri alami yang terbentuk pada yoghurt mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan bakteri baik yang ada di usus.

2. Teh

Secangkir teh pada sore hari tidak hanya membuat tubuh rileks, namun juga dapat membantu melawan infeksi akibat antioksidan tingkat tinggi. Beberapa teh yang direkomendasikan adalah teh hitam, camomile, dan teh hijau.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu sumber terkaya vitamin C dengan kandungan 70-100 mg per buah, cukup untuk memenuhi 100% asupan vitamin C harian. Dengan mengonsumsi buah kiwi, tubuh Anda dapat kembali segar lebih cepat.

4. Almond

Segenggam almond (sekitar 25 biji) menyediakan sekitar 180 kalori, 6 gr protein, dan 1/3 asupan serat yang disarankan untuk satu hari. Almond dapat menjadi salah satu pilihan snack untuk menemani kegiatan WFH.

Selain itu, untuk camilan sehat, dr Adeline juga menganjurkan untuk mengonsumsi camilan rendah kalori yang mengandung multigrain atau karbohidrat lepas lambat, rendah lemak, rendah gula, kaya akan nutrisi, tanpa pengawet dan pewarna sehingga aman untuk tubuh.

"Multi grain mengandung gizi lengkap, biji-bijian utuh serta ragam gandum lainnya memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak serat sehingga membantu melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol serta membantu mengontrol berat badan," ujar dr Adeline.

Berdasarkan pedoman gizi yang dikeluarkan Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia membutuhkan 25-30 gram serat dengan rincian kebutuhan serat pria di bawah usia 50 tahun adalah 30-38 gram serat per hari.

Semua itu bisa ditemukan pada Fitbar yang terbuat dari Australian Oar, Rice Crispy & Premium Corn Flakes dengan kalori hanya 90 kkal per barnya sehingga ngemil Anda selama WFH tetap menyehatkan.

Selain itu, Fitbar dengan kandungan multigrain dan berbagai vitamin A, B12, dan C dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber: DetikHealth