10 Makanan Sumber Zat Besi untuk Anak

SHARE

Keluhan orangtua dalam menyajikan makanan yang kaya akan zat besi makin sering terdengar. Umumnya mereka kebingunan dalam memilih jenis makanan yang mengandung tinggi zat besi. Selain bosan, pilihan bahan makanan sumber zat besi yang itu-itu saja akan membuat anak tidak mendapatkan asupan gizi yang tidak optimal. Sebab, semakin bervariasi makanan yang dikonsumsi anak, maka semakin terpenuhi kebutuhan zat gizinya.

Zat besi diperlukan tubuh anak untuk tumbuh kembang anak. Lebih spesifik, zat besi bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membentuk antioksidan. Agar pilihan makanan sumber zat besi tak lagi jatuh pada bayam dan hati ayam, berikut beberapa makanan sumber zat besi lainnya:

1. Daging merah
daging merah merupakan sumber zat besi jenis heme. Anda bisa memilih daging cincang untuk dibuat MPASI maupun menu lain untuk anak.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang polong merupakan sumber zat besi sekaligus protein nabati yang kaya serat.

3. Sayuran berdaun hijau gelap
Tak hanya bayam, sayuran lain yang memiliki warna hijau gelap juga mengandung tinggi zat besi. Seperti brokoli, dan daun kale.

4. Ikan
Ikan sarden, tuna, salmon dan makarel juga kaya akan zat besi. Namun ikan jenis ini perlu dibatasi hingga 2 porsi per minggu untuk bayi. 

5. Telur
Di atas usia satu tahun, anak sudah dapat mengonsumsi semua bagian telur. Anda bahkan dapat mengombinasikan telur dengan sayuran, kemudian diolah menjadi omelet.

6. Sereal yang sudah difortifikasi
Sereal yang sudah difortifikasi dengan zat besi juga menjadi alternatif bahan makanan yang mengandung zat besi.

7. Oatmeal
Oatmeal juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Sajian sarapan ini bisa Anda tambahkan buah sebagai tambahan asupan vitamin dan mineral.

8. Buah kering
Buah kering seperti aprikot, kismis atau plum dapat menjadi finger food bayi Anda saat ia sudah berusia 8 bulan. Awasi saat ia mengonsumsi makanan ini karena potongan yang kecil bisa mengakibatkan bayi tersedak.

9. Ubi
Selain mengandung karbohidrat, ubi juga kaya akan zat besi. Anda dapat menyajikan ubi sebagai makanan utama maupun sebagai snack.

10. Tahu
Tahu menjadi sumber zat besi yang juga kaya akan protein nabati. Konsumsi bersama dengan makanan sumber protein hewani untuk mendapatkan asam amino yang lengkap. 


Article By Bebby Sekarsari | https://www.1health.id/